Arsip
Bank Indonesia kembali menjadi tempat untuk instansi atau lembaga lain
melakukan benchmarking, banyak hal
dapat dipelajari melalui kunjungan ini mulai dari kepemimpinan, transformasi,
budaya kerja. Kali ini giliran PT Garuda Indonesia, pada hari Kamis tanggal 10
Desember 2015 melakukan benchmarking
ke Divisi Pengaturan dan Pengelolaan Kearsipan Bank Indonesia (Divisi Arsip).
Rombongan
dipimpin oleh Sadwari Budi Sarwindah yang akrab dipanggil Endah, Senior Manager Documentation & Record
Mangement PT Garuda Indonesia, “Kunjungan kami ke BI bertujuan untuk mencari inspirasi, terkait inovasi dalam
aspek pelayanan, menambah wawasan dan pengetahuan tentang bisnis proses,
organisasi dan standar operasi terkait dokumen perusahaan, karena kearsipan BI
sudah tersertifikasi”, tutur Endah.
Saat
menerima rombongan Rini Andriani Pejabat Kepala Tim Divisi Arsip BI,
meyampaikan bahwa dimasa dulu dan sekarang pelayanan keasripan BI telah banyak
berubah mengikuti perkembangan teknologi informasi menjadi customer oriented. Berdasarkan perubahan paradigma tersebut terbentuklah
transformasi dan terciptanya inovasi-inovasi baru yang fokus pada akses
kearsipan yang lebih mudah dan cepat. Mulai dari pemberkasan hingga meng-upload-nya ke sistem BI-RMS.
Kegiatan
diawali dengan knowledge sharing
meliputi aplikasi sistem kearsipan dan Manajemen Dokumen BI dipandu oleh Tri
Arso Purnomo, pengelolaan Sentral Khazanah Arsip (SKA) KPBI oleh Andar Mulyana.
Pengelolaan SKA ini menurut peserta penting disampaikan, karena sangat
mendukung proses pencarian dan pengadministrasikan penerimaan arsip dari
Satuan-satuan kerja dengan menggunakan Bank Indonesia Sistem Aplikasi
Pengelolaan SKA (BI-SASKA).
Setelah
istirahat makan siang dilakukan on the
spot ke SKA yang berada di Gedung Arsek, mulai dari lantai empat sampai
dengan enam, kemudian dilanjutkan penjelasan Road To ISO oleh Ibu Sri Yulistiani (Kepala Divisi Arsip BI). Peserta
benchmark sangat antusias dalam
mengajukan pertanyaan, terutama mengenai aplikasi yang telah diterapkan BI.
Diskusi yang berlangsung sejak pagi sampai dengan pukul 15.30 WIB, dirasakan
sangat bermanfaat oleh peserta sebagai masukan untuk Garuda.
Menurut Endah, dengan dilakukannya benchmarking
ini, PT Garuda berharap akan semakin meningkatkan pelayanannya, hasil dari
kegiatan ini sangat mendorong PT Garuda untuk melakukan pengembangannya di
bidang record management karena
Garuda tidak salah memilih BI yang telah mempunyai pelayanan kearsipan yang up to date. Sehingga pengetahuan yang
dimiliki oleh pegawai PT Garuda Indonesia dapat dikembangkan serta dapat
diutilisasi, kemudian disebarkan keseluruh karyawan perusahaan.
Terimakasih kpd tim Arsip Bank Indonesia atas suksesnya Benchmark tsb. semoga kedepannya kami dari Garuda Indonesia dapat melakukan Benchmark dan kerjasama lainnya.
BalasHapusRgds,
Agus Nurman
Terima kasih kembali Mas Agus, salam...
Hapus