Dengan maksud ingin memenuhi
kepuasan stakeholder yang berkunjung
ke Bank Indonesia, walaupun kepuasan sebenarnya sangat relatif tetapi paling
tidak, seorang Satpam yang posisinya berada di frontliner semestinya memiliki pribadi
prima dan selalu memperbaharui serta menambah pengetahuannya mengenai
pelayanan. Pelayanan yang diberikan pada stakeholder tidak hanya sekedar rasa
aman namun rasa nyaman dan kesan positif
terhadap Bank Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pada tanggal
27 s.d 29 September 2013 bertempat di Tapos Resort-Bogor, Grup Pengamanan
bekerjasama dengan PT Chakra menyelenggarakan pelatihan “Service Resolution”.
Mindset yang selama ini
dimiliki adalah bahwa Satpam hanya berperan dalam masalah pengamanan suatu
institusi, namun dengan mengikuti pelatihan dimaksud perannya kedepan akan
berubah tidak hanya mengamankan. Tetapi harus bisa membuat stakeholder yang
berkunjung ke Bank Indonesia akan merasa nyaman dan merasa keberadaannya di
Bank Indonesia sangat menyenangkan. Cara berfikir yang baik akan menghasilkan
kata-kata yang baik dan juga menghasilkan tindakan serta kebiasaan yang baik
pula, jika ditanamkan secara rutin setiap hari dalam diri individu Satpam, maka
akan tercipta karakter Satpam yang dapat diandalkan serta menjadikan citra BI
prioritas utama dalam tugas.
Setelah diberikan materi
pelatihan diharapakan dalam tugasnya sehari-hari, Satpam terus menggali potensi
diri yang terbaik, dan memberikannya kepada stakeholder dengan cara terbaik.
Yang berarti bahwa dalam melaksanakan tugas bukan hanya menggugurkan tanggung
jawab namun selalu menciptakan add value,
mengelola semua infrastuktur menjadi nilai tambah, senantiasa memperlengkapi
diri dengan product knowledge. Dengan
demikian maka tugas yang dilakukan akan akurat melebihi standar yang diberikan.
Ditekankan dalam pelatihan
tersebut bahwa stakeholder adalah orang yang paling penting, stakeholder tak
selalu menyenangkan tapi penting buat kita, stakeholder bukanlah beban atau
pengganggu terhadap pekerjaan kita, maka layanilah stakeholder dengan special karena mereka memang special, stakeholder
tidak tergantung pada kita, tetapi kita tergantung pada dia. Dia bukan
orangluar BI, dia adalah bagian dari BI. Satpam sebagai garda depan harus
selalu bisa memperbaiki diri dari setiap pengalaman yang dialami dalam tugas
sehari hari, agar selalu waspada dan tetap humble.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar