Senin, 19 Mei 2014

Bersama, Berbenah, Berkomitmen, Bertindak, Berkualitas”.



Setelah dihadapi dengan kesibukan sehari-hari, terutama melakukan aktifitas rutin pekerjaan, diperlukan suatu kegiatan untuk penyegaran bagi Pegawai dan Mitra Kerja di Departemen Logistik dan Pengamanan (DLP). Selain itu dalam rangka merealisasikan program kerja Non IKU, Grup Pengamanan  menyelenggarakan Kegiatan Lintas Alam, yang dilaksanakan pada hari Jum’at s.d Minggu tanggal 16 s.d 18 Mei 2014 di daerah perbukitan Gunung Geulis-Bogor.

 Kegiatan lintas alam kali ini terasa sangat unik karena selain diikuti oleh Pegawai GPam, THOS Pengamanan, Resepsionis juga melibatkan Sub Agent Mitra Perubahan dari setiap divisi di lingkungan DLP, guna mensosialisaskian dan menajamkan pemahaman budaya kerja dan nilai-nilai strategis Bank Indonesia. 


 Adapun program budaya kerja DLP adalah “berlima” yaitu “bersama, berbenah, berkomitmen, bertindak, berkualitas”.


Saat kegiatan berlangsung sangat terasa jalinan suatu relasi, hubungan baik, antar Pegawai keluarga besar DLP. Apalagi hal ini didukung oleh sikap pimpinan yang sangat perhatian terhadap acara yang diselenggarakan. Terbukti dengan hadirnya Kepala Departemen ditengah-tengah kegiatan, sehingga lebih  mempererat hubungan kekerabatan antara  pimpinan dan bawahan.


 Dalam acara hiking dan beberapa games yang diadakan, sangat ditekankan pada kegiatan yang mempererat kerja sama dan fun. Dengan harapan setelah dilakukan lintas alam ini terbentuk teamwork, sehingga dapat mengurangi beban pekerjaan, berbahagia dan segar kembali, pada saat bekerja nanti semua Pegawai dalam keadaan fresh, serta mengedepankan efektifitas kerja agar dapat memecah sekat pembatas guna terjalin relasi baru yang lebih terbuka.


Dengan dilibatkannya mitra perubahan, pimpinan berharap nilkai strategis BI khususnya professionalism, dapat diaplikasikan dan memotivasi Pegawai DLP untuk meningkatkan kualitas dan kinerja yang semakin baik. Karena peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya menempati porsi yang penting, SDM GPam sebagai garda terdepan memegang peran strategis terhadap citra BI. Kesuksesan dalam pengelolaan SDM GPam akan sangat mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pengamanan bank sentral yang solid.


Manfaat kegiatan ini seluruh peserta diajak untuk bisa saling bekerja sama. Berbagai macam kegiatan permainan dilakukan sebagai sarana menambah keakraban dan kebersamaan. Kegiatan ini memang sengaja dilakukan untuk mengurangi sifat individualis dalam bekerja. Karena sifat ini bisa menghambat dalam pencapaian optimasi mutual lembaga. Selain menjadi wahana dalam mendidik pegawai agar memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pegawai lainnya, kegiatan ini memiliki unsur rekreasi dengan berbagai permainan yang unik dan menarik. Tidak mengherankan jika metode yang digunakan sifatnya petualangan dan permainan.


Kemeriahan acara lintas alam ini langsung memuncak dengan hadirnya kelompok artis papan atas DLP, yang langsung menyedot perhatian seluruh peserta yang hadir dengan menampilkan parodi. Performa yang energik dari para personil yang beranggotakan Pam Organik, Pam Non Organik dan Petugas Resepsionis tak ayal membuat Pegawai tertawa terpingkal-pingkal dengan tingkah polahnya, dan juga membuat peserta berhamburan kedepan panggung untuk bernyanyi dan bergoyang bersama.


Lintas alam ini merupakan investasi BI jangka panjang yang memberikan manfaat bagi diri pegawai sendiri, juga memberikan efek positif untuk BI. Walaupun kegiatan ini dilakukan diluar ruangan dan berjalan dengan santai. Kebersamaan dan kekompakan yang terjalin, diharapkan dapat menambah kemajuan dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar