Rabu, 23 April 2014

Confident Building

Untuk melakukan sesuatu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hobi, semua orang pasti membutuhkan kepercayaan diri, karena kepercayaan diri dan merasa baik dapat menjadikan yang kita kerjakan berhasil baik. Jika kita kurang percaya diri maka hasilnya pun akan mengecewakan. Oleh karena itu kita harus fokus dan berpikir positif sehingga yang direncanakan akan sesuai dengan realisasinya.


 Untuk meyakinkan diri, kita harus bisa memperbaiki sikap mental profesional, kepribadian, karakter, dan mengetahui kepribadian serta karakter dari rekan kerja maupun atasan. Kita harus memiliki semangat untuk maju, mempunyai sikap positif dengan senantiasa tampil riang, ceria, easy going. Sikap yang senantiasa aktif dan bertanggungjawab dalam melakukan suatu aktivitas, sikap yang bisa menempatkan diri pada siatuasi dan posisi orang lain, sikap yang selaras antara kata dan perbuatan(integritas), serta semangat untuk tidak mudah menyerah dalam situasi apapun.

Sealain kepribadian dan karakter, agar segala sesuatu yang kita lakukan sesuai dengan harapan, maka kita harus mengenal, tipologi dari rekan kerja, atasan dan anggota keluarga. Karena dari tipologi inilah kita dapat menyesuaikan dan kemudian menambah kepercayaan diri. Tipologi manusia dibagi menjadi 4 yaitu : Kuasa, Gaul,  harmoni, Pemikir.


Kuasa adalah orang yang hanya berorientasi pada hasil, selalu bersaing, terus terang, pengambil resiko, bekerja bagus dibawah tekanan, peduli waktu. Namun orang ini nggak sabar dengan proses, mengorbankan mutu demi kecepatan, amat individualis, dapat bersikap kasar dan cenderung otokratis.


Gaul adalah orang antusiastik, suka pada variasi, selalu mencoba untuk menciptakan suasana yang ramah tamah, pandai mempengaruhi, pandai bicara, spontan, suka hal yang menyenangkan, fleksibel, dan optimis. Namun orang ini kurang disiplin, impulsif, cepat merasa bosan, pekerjaannya sering nggak tuntas, suka lupa dengan komitmen.


Harmoni adalah orang yang berusaha keras untuk kerjasama, berusaha melibatkan semua orang, juru damai, baik , peduli, mendukung dan mendorong, ramah tamah, bijaksana. Orang ini mmpunyai keinginan untuk menyenangkan semua orang, sulit dalam membuat keputusan, sulit menghadapai konfrontasi dengan perasaan, mudah sakit hati, dan sering menjadi orang yang pasif.


Pemikir adalah orang yang selalu akurat, mencari bukti dan validasi, merencanakan proyek atau pekerjaan selangkah demi selangkah, fokus pada fakta, peduli pada mutu, dan selalu menetapkan standar yang tinggi baik pada diri sendiri maupun orang lain. Orang ini cenderung kearah pesimisme, dapat bersikap kritis dan menghakimi, kaku, bersikap kurang ramah dan menderita kelumpuhan karena analisis.

Dari beberapa tipologi tersebut, kita bisa melihat siapa dan dimana diri kita, dan dengan siapa kita bisa berkoneksi tanpa kendala. Setiap tipe adalah khas dan pribadi, setiap orang adalah unik oleh karena itu dapat kita gunakan untuk memahami diri, dan meningkatkan hubungan.


Kita harus membangun kepercayaan diri dengan bersyukur pada apa yang kita miliki, bangga pada diri sendiri, meningkatkan kemampuan, menguasai bidang pekerjaan, kurangi kelemahan dan kebiasaan buruk, bangun semangat setiap hari, belajar dari orang-orang yang sukses. Dengan percaya diri kita selalu optimis, berani dan mempunyai hubungan sosial yang semakin baik.


Guna membangun karakter dan kepribadian Pegawai yang mumpuni tersebut, Departemen Sumber Daya Manusia (HCDG) melalui Divisi Pelaksanaan Pengembangan SDM, meyelenggarakan Pelatihan Confident Building and Intelligent Networking pada tanggal 21 dan 22 April 2014 di Learning Centre Bank Indonesia, Jakarta. Pelatihan diikuti oleh Pegawai dari Kantor Pusat maupun kantor perwakilan.






2 komentar:

  1. super sekali Bang Uting Unying

    memang sih, siapa lagi yang tau diri kita selain kita sendiri...

    mari kita cari tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya Mas, apalagi sudah mau singgah di blog saya... salam kenal ya.

      Hapus