Jumat, 04 April 2014

SMS

Nusantara ini memang kaya sekali ragam kuliner. Bahkan setiap jenis kuliner juga terdapat perbedaanya pada daerah yang berbeda. Misalnya saja sate, ada sate Madura, sate Tegal, sate Hadori(Bandung), sate PSK(Puncak-Bogor), sate Kelinci(Sarangan-Magetan). Tentu masih banyak jenis sate lainnya.

            
Didaerah Minangkabau satenya beda dengan daerah lainnya. Sate di Minangkabau memakai kuah yang lezat abis, disebut Sate Padang. Banyak pedagang sate Padang dimana-mana, tetapi aku rekomendasikan “Sate Mak Syukur” atau "SMS" di daerah Padang Panjang. Sate ini maknyos..nyos..nyos..nyos..

            
Jika aku singgah di Padang Panjang, selalu mencicipi ikon kulinernya Padang Panjang. Sate yang khas dengan kuah kuningnya yang mantap dengan potongan daging, jantung, lidah, gurih dan besar sangat layak dicoba. 

            
Saking terkenalnya sate ini, tamu yang lewat didepannya selalu mampir tak pernah melewatkannya. Bahkan waktu kunjungan kerja kepala negara ke Sumbar, Pak SBY pun tergoda  untuk mencicipi sate ini, foto beliau bersama Bu Ani-pun terpampang disana.

            
Sate SMS terletak di jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah-Padang Panjang. Mencicipi hidangan ini, lebih sedap ditemani kerupuk kulit plus secangkir teh manis. Kalo sekali waktu sempat ke sate Mak Syukur jangan lupa coba kerupuk jangek (krupuk kulit) yang potongannya besar-besar. Dimakan dengan kuahnya, waahh...... nikmat banget. Kerupuk jangek di Sate Mak Syukur ini memang beda dengan kerupuk jangek umumnya.

          
Kelebihan Sate Mak Syukur ini adalah rasanya yang pas di lidah bukan cuma bagi orang Minang tapi juga tamu dari luar, rasa itu nggak pernah berubah dari waktu kewaktu semenjak pengelola generasi  pertama sampai generasi sekarang. Rasa Sate Mak Syukur sudah standarized, pengelolaannya well managed dan produknya well packaged. Uniknya sate ini nggak punya cabang dimanapun, baik di Jakarta maupun di Padang. Jika ada yang menggunakan nama ”Mak Syukur” itu adalah sekedar nama bukan asli dari Padang Panjang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar