Sabtu, 09 Agustus 2014

Budaya Menggalang Persatuan



Pada hari Jum’at tanggal 8 Agustus 2014, kemeriahan rangkaian perayaan HUT RI di Bank Indonesia terlihat jelas di Plaza Upacara Bendera Kantor Pusat. Sejak pukul 06.00 WIB ratusan Pegawai Organik dan Non Organik nampak menyemut antusias mengikuti persiapan pembukaan PORSEBI, guna menjalani lomba-lomba khas 17 Agustusan, antara lain Lomba Senam Pagi dan Defile yang meng-kolaborasikan seni tari dan musik.


Kawasan sekitar gedung C dan D sudah dipadati peserta perlombaan yang berdandan lengkap dengan atribut kebesaran bidang masing-masing. Padahal lomba baru dimulai pukul 06.30 tetapi para peserta nampak sibuk mempersiapkan penampilannya, ada juga koordinator bidang yang sedang melengkapi asesoris kontingennya dan panitia yang lalu lalang menyiapkan acara.


Acara diawali senam pagi bersama perwakilan seluruh bidang yang berjumlah 1297 orang dengan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, selaku Pembina bidang. Dilanjutkan pembukaan PORSEBI oleh Bapak Agus D.W Martowardojo, yang ditandai dengan pemukulan gendang oleh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia.


Dalam sambutan pembukaannya Gubernur Bank Indonesia sangat meng-apresiasi, semangat yang telah diberikan dalam menjaga kekompakan dan kesatuan. Semangat ini diharapkan akan lebih menyala, pada tanggal 17 Agustus saat seluruh Pegawai mengikuti Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69.


Tahun ini pembidangan tidak didasarkan pada sektor seperti tahun sebelumnya, melainkan gabungan antar sektor sehingga tercipta kekompakan Pegawai yang lebih luas. Empat Departemen yang paling keren yaitu Departemen Internasional (DInt), Departemen Logistik dan Pengamanan (DLP), Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM (DPAU), Departemen Pengelolaan Aset (DPA), tergabung dalam BIDANG 1. Sebagai Pembinanya Bapak Halim Alamsyah.


Perlombaan defile, meriah dan semarak. Hampir semua kebudayaan dari Sabang sampai Merauke ditampilkan dengan gegap gempita dan semangat kebangsaan yang menjunjung tinggi kebersamaan dan keindahan. 


Juri yang bertugas pada lomba defile adalah : Titik Puspa, seorang artis senior yang berpengalaman dalam bidang seni suara, koreografi dan berbagai bidang kesenian. Juri lainnya adalah Deny Malik, seorang penyanyi yang juga koreografi tari, dan mantan penari Grup Swara Mahardika Jakarta. Juri yang tak kalah penting adalah Debra Yatim, seorang jurnalis, aktivis sosial dan sangat berkontribusi dibidang pemberdayaan perempuan serta budaya.  


Beberapa perlombaan kesenian yang diselenggarakan dalam rangka peringatan perayaan HUT RI ke 69 ini, antara lain : BI Idol, Duta Kebaya, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Karoke, Lomba Vocal Grup . Untuk BI Idol pesertanya selain dari KP dari KPwDN juga diikut sertakan.


Sedangkan untuk olahraga : Futsal Tenis Meja, Bola Basket Bulutangkis, Tenis Lapangan, Bola Volley, Biliard, Bowling, Catur, Gaple, Sepakbola, Lari, Golf, Senam. Khusus untuk lomba lari peserta dari KPwDN diundang untuk ikut, karena lomba ini juga merupakan seleksi Tim Lomba Lari Bank Indonesia pada Inter Central Bank Games (ICBG) yang akan diadakan di Thailand pada akhir tahun 2014 ini.


Untuk keakraban diantara peserta lomba, seluruh peserta juga menimati fasilitas lain yang disediakan panitia, yaitu beraneka jajanan makanan dan minuman serta pertunjukan panggung hiburan yang menampilkan musik Kolintang PIPEBI KP, Rampak Gendang IPEBI dan sajian KPw Banten berupa Rampak Beduk.


Peserta yang hadir beraganeka ragam mulai dari Pimpinan teras Departemen hingga Pegawai Non Organik serta calon Pegawai, tumpah ruah dalam kegembiraan.


Selamat Berlomba, Selamat Bertanding, Selamat Berjuang….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar