Senin, 07 Maret 2016

Ide Kecil Tapi Maknanya Luar Biasa

Kadang kita tidak tahu bahwa ada ide kita, walaupun itu kecil dan seder hana, namun itu sangat bermakna bagi orang lain. Kita tidak tahu konteks persoalan yang dihadapi oleh orang lain tersebut namun sadarkah kita kadang – kadang mereka mempunyai kesamaan konteks dengan kita. Untuk itulah walaupun sekecil atau seremeh apapun ide yang kita punya berbagilah lewat tulisan karena diluar sana ada pembaca pembaca yang mungkin terinspirasi dengan tulisan kita.



Uraian di atas adalah salah satu alasan saya membuat tulisan lewat blog. Meski kadang kadang juga lewat media cetak baik berupa puisi, esai, atau reportase kegiatan. Keinginan untuk berbagi ide adalah salah satu dorongan bagi saya karena apabila kita menyampaikan lewat lesan seringkali malah dicibir oleh teman atau malah dianggap sok. Dengan menuliskan ide ide itu saya lebih bisa mengontrol ide pokok yang hendak saya sampaian ke orang lain.

Salah satu kendala kita malas berbagi lewat tulisan adalah karena merasa kita bukan penulis jadi takut tidak ada yang membaca. Kemungkinan tidak terbaca itu pasti jika tulisan kita hanya kita simpan di buku diary bisa tidak pernah di publikasikan. Sekarang ini sarana untuk mempublikasikan tulisan dengan cepat dan mudah tanpa harus melalui penerbit konvensional bisa kita lakukan, ya salah satunya lewat blog. Kita tidak usah takut tulisan kita tidak terbaca karena blog memungkinkan untuk ditemukan orang lain asal kita membuat tag dengan kata yang update atau kata yang spesifik. Tulisan kita akan sering melintas di mesin pencari.

Tulislah sesuatu yang bermakna untuk umum meski itu bersifat pribadi. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa kadang masalah yang kita hadapi memang banyak orang yang mengalaminya dan bagaimana Anda mengatasinya itulah yang biasanya bisa diambil pelajaran oleh pembaca tulisan kita.

Jangan pernah menganggap hal sepele yang Anda alami, orang lain juga akan menganggapnya sepele. Bila bisa saya analogikan dengan memberi uang, lebih bermakna mana memberi Rp 5000,00 ke orang yang miskin dan sedang kehausan didepan kedai es teh dan memberi Rp 100.000,00 pada orang yang sedang pesta di Mall. Itulah salah satu contoh yang bisa saya analogikan dengan ide kita.

Perlu kita sadari bahwa tidak semua orang kaya ilmu, ada juga orang orang yang kurang ilmu yang ingin mencarinya dari berbagai sumber . Orang orang yang seperti inilah yang biasanya merasakan ide kecil kita bermakna luar biasa bagi mereka. Kita hanya perlu membaginya dengan mereka dengan menuliskannya dan mempublikasikannya juga.

Biar bagaimanapun dengan berbagi ide lewat tulisan, kita akan semakin bertambah kaya ide dan kreativitas dan berharaplah ada yang memanfaatkannya walupun itu hanya sedikit dan kalau kita niatkan sebagai ibadah insya Allah berpahala. Ayo! berbagi lewat tulisan.(Guslitera)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar