Rabu, 24 Januari 2018

Pelihara Hewan Liar


Memelihara hewan liar tapi jinak lainnya, adalah suatu kebanggan tersendiri.  Bagi setiap manusia, tantangannya adalah mempunyai hati untuk saling menyayang sesama mahluk Allah. Biasanya masyarakat yang hobi memelihara dan membeli satwa liar sering kita jumpai pada masyarakat perkotaan. 

Hampir setiap minggu pada saat car free day, didepan Gedung Sarinah Jakarta. Ada anggota komunitas pecinta hewan yang berkumpul untuk memamerkan hewan kesayangannya. Mulai dari Iguana, kucing hutan, bajing, musang, ular dll.


Memelihara ular, mungkin bagi sebagian orang merupakan hal yang tidak lazim karena karakter ular yang ganas. Maupun rasa takut yang timbul dari dalam diri mereka sehingga mereka menganggap bahwa memelihara ular adalah hal yang tidak biasa. memelihara ular adalah hal yang Luar biasa! Memang di alam mereka akan bersikap defensif, namun pada dasarnya ular akan menghindari manusia, insting defensif memang melekat pada ular yang ditemukan atau dibawa dari alam, namun ada juga yang dari alam memang sudah jinak dan jarang menggigit.

Ular butuh kasih sayang seperti kita memelihara hewan lain baik itu kucing atau anjing. Sejak kita memelihara ular, perlakukanlah mereka sebagai hewan peliharaan, memberi makan mereka secara rutin, peduli akan kesehatan mereka.
 

Tapi walaupun kita sayang dan care, aku sebenarnya nggak setuju dengan memelihara hewan liar. Dengan membeli dan memelihara satwa liar sama saja kita mendukung proses percepatan punahnya satwa tersebut dari habitat alam aslinya. Menurut undang-undang no 5 tahun 1990 tentang “Eko System Konservasi Sumber Daya Alam”, jangankan memiliki  perbuatan mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur dan atau sarang satwa yang dillindungi, akan terkena sangsi.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita yang hobi dan gemar memelihara hewan liar, sebaiknya memberi kesempatan pada hewan2 itu untuk dapat hidup ditempat aslinya, karena dengan membiarkan mereka hidup dialamnya, maka kelestarian hewan terjaga sehingga keseimbangan alam berjalan secara alami. Buat yang hobi melihara hewan liar, aku berpesan bahwa mereka tetap hewan liar walaupun jinak dan masih harus dianggap berbahaya.

 

 

 

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat membantu jangan lupa kuunjungi website kami http://bit.ly/2Mb63lq

    BalasHapus