Kamis, 11 Januari 2018

Sayang Binatang


Bagi anak-anak, binatang adalah makhluk yang lucu dan menggemaskan. Namun, tak sedikit pula anak-anak yang menganggap binatang itu menakutkan. Di sinilah peran penting orangtua untuk sedini mungkin mengenalkan anak kepada binatang. Tak terbatas hanya untuk binatang peliharaan saja, tetapi bisa memperkenalkan beragam jenis hewan lain kepadanya. Hal ini akan membantu proses tumbuh kembang anak  menjadi individu yang aktif, cerdas, penuh kasih sayang dan berpengetahuan luas.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai mengenalkan si Kecil dengan binatang. Jika orangtua khawatir aktivitas belajar si Kecil ini membuat bajunya kotor terkena noda dan bau, tenang saja, gak apa-apa itu cuma sebentar, cuci aja habis itu pasti bersih..! Tapi dampaknya akan membentuk mental anak menjadi berkarakter baik dan penuh kasih sayang semenjak kecil hingga dewasa nanti.

Ajak si Kecil untuk memilih hewan peliharaan  yang akan ia piara dan rawat sendiri di rumah. Kunjungi petshop terdekat agar si Kecil bisa melihat dan mengenal berbagai macam binatang peliharaan. Dengan ikut memilih binatang peliharaan, pada diri si Kecil akan tumbuh rasa memiliki dan menyayangi sehingga ia akan berusaha untuk menjaga dan merawat hewan pilihannya dengan baik. Pastikan si Kecil paham akan tanggung jawab yang menyertai saat ia memiliki binatang peliharaan dan pilihlah binatang yang mudah dirawat olehnya.

Kebun binatang adalah tempat yang paling ideal dan aman untuk mengenalkan berbagai hewan liar kepada anak. Rasa ingin tahu si Kecil pun akan timbul saat dia melihat berbagai binatang yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Di beberapa kebun binatang, si Kecil bahkan bisa mengelus atau menggendong hewan tertentu.

 

Di beberapa tempat, ada peternakan  yang bisa dikunjungi oleh umum misalnya di Bogor ada “KUNTUM FARMFIELD”, di Bandung ada “FARM HOUSE”. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengajari si Kecil soal binatang, bagaimana cara merawat mereka, apa yang mereka makan, dan manfaat yang bisa kita dapat dari binatang-binatang di peternakan, dan sebagainya. Jika si Kecil ingin ikut memandikan binatang, memberi makan, atau berlarian dengan binatang peternakan, biarkan saja. Meski bajunya nanti pasti kotor dan penuh keringat, yang penting adalah kesenangan anak bermain  sambil belajar.

Dengan mengetahui jenis binatang dan bagaimana cara mereka hidup, si Kecil akan lebih peka dan menghargai binatang yang akan membuatnya dapat bersikap penuh kasih sayang dengan sesama makhluk hidup. Tak perlu takut bajunya kotor karena dari noda si Kecil dapat belajar menyayangi binatang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar