Selasa, 17 Juni 2014

Jejamuran



Aku dan beberapa teman mencari kuliner yang belum pernah kami coba di kota Yogya. Kami menuju Desa Pandowoharjo Sleman melalui jalan arah Magelang, kesalah satu tempat kuliner disana. Sampai direstoran yang dituju kira-kira jam 7 malam, waduhhhh… ternyata  saat itu resto lagi rame-ramenya, pengunjung penuh. Tapi Alhamdulillah masih kebagian tempat. Sebelum memasuki restoran, aku sebenarnya merasa aneh kok namanya “Jejamuran”, kenapa ?. 


Oh… ternyata restoran ini menghidangkan menu utama yang berbahan dasar jamur. Menu yang ditawarkan bercitarasa istimewa, sangat variatif, jamur diolah menjadi sate, sop, omlet, tongseng, asam manis, pepes, goreng penyet, lombok ijo, tomyam, semur edan, karedok, goreng tepung, kripik,  lumpia. Bahkan ada minuman yang berbahan dasar jamur, namun sedikit pahit namanya wedang jejamuran. 


Taste dari hidangan di jejamuran sangat lezat, menyerupai menu yang terbuat dari bahan dasar daging hewan. Nama masakannya-pun diambil dari nama jamur yang dipergunakan sebagai bahan. Misalnya telor dadar shitake, pepes shitake, sop champignon, goreng tepung portabella, sate jamur kancing, goreng tepung jamur merang, king oyster lada hitam.


Sate jamur kancing, serupa dengan sate ayam tapi beda rasa. Satenya mirip daging ayam tetapi memilki keunikan tersendiri baik rasa maupun teksturnya.  Rasanya kenyal dan bumbu kacang halus bercampur kecap, memancing air liur. Kemudian jamur asam manis, siapa sangka masakan ini terbuat dari jamur, rasanya cukup lezat.


Untuk yang suka dengan rasa pedas, coba deh masakan jamur bakar pedas, hot banget. Pedasnya meresap dan seger. Selain itu sop jamur kuah bening dan sop krim jamur berisi campuran jagung, kacang polong, roti, dan jamur champignon amat menggugah selera. 




Bukan hanya menu masakan berbahan dasar jamur, direstoran ini juga menampilkan contoh jenie-jenis jamur dalam baglog media tumbuh jamur yang sengaja ditata untuk dilihat pengunjung. Jejamuran juga memberikan kesempatan bagi pengunjung  yang berkeinginan belajar budi daya jamur, sehingga memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang manfaat jamur dan menciptakan budaya masak jamur dengan dipadukan resep tradisional.

 

Aku sangat puas makan direstoran jejamuran, harganya murah dan nggak perlu takut kolesterol. Jamur mengandung asam amino, mineral, vitamin, anti mikroba dan senyawa bioaktif  yang baik bagi kesehatan. Meskipun lokasinya berada di pinggiran kota, tetapi Jejamuran selalu ramai diserbu pengunjung. Mungkin keunikan dan origin-nya lah yang membuat resto ini diburu penggemar kuliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar