Senin, 16 Juni 2014

Wedang Ronde Minuman Pergaulan



Ngomongin soal kuliner nggak ada habisnya di Yogyakarta. Buat sahabat yang lagi keluyuran di Yogya, bila hari hujan atau sudah malam jangan lupa seruput dan nikmati minuman “wedang ronde”. Minuman yang satu ini taste-nya hangat, karena dibuatnya dari air gula merah atau gula putih yang diberi jahe  dicampur dengan cengkeh, serai, serbuk kayu manis dan beberapa penganan kecil yaitu : ronde atau mochi, kolang-kaling, kacang tanah yang disangrai, potongan roti tawar. 


 Jika diminum rasanya segeeeer, rondenya kenyal memuaskan lidah, badan kayak dapet asupan energy baru dan rileks, buat nenangin pikiran asyik juga.


 Kenapa sih kok namanya pake ronde segala, padahal kan nggak ada hubungannya dengan tinju?. Yang bikin namanya pakai ronde adalah karena mochi atau moaci yaitu kue  yang sebenarnya merupakan kuliner masyarakat tionghoa yang telah diadaptasi masyarakat jawa. Terbuat dari tepung ketan diisi kacang tanah yang dihaluskan, dibentuk bulat-bulat seperti onde-onde, adonannya nggak keras tapi kenyal, makanya disebut ronde.


Minuman ini dihidangkan saat masih hangat atau panas seperti kopi, so disebut juga minuman pergaulan, sambil nyeruput  sedikit ngalor ngidul ngobrol dengan teman-teman tentang pekerjaan, tentang masa sekolah. Bahkan saat ini wedang ronde sering disajikan pada saat perayaan wedding atau acara resmi lainnya. Kalau dulu warna ronde berwarna putih karena terbuat dari ketan, sekarang sudah bervariasi terkena akulturasi budaya, ada merah, putih, hijau dan lain lain sesuka hati yang mempunya resepsi dengan makna warna tersendiri.


Ingin menikmati wedang ronde di Yogya nggak susah, dimana-mana  disudut kota ada termasuk yang di kakilima. Wedang ronde murah dan banyak manfaatnya, harganya terjangkau bila membelinya dipinggir jalan yang dijual oleh pedagang keliling, namun bila kita membelinya di resto atau rumah makan pasti harganya mahal karena disajikan secara mewah,  walaupun nggak ada perbedaan mencolok antara rasa dan isinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar