Kamis, 01 Januari 2015

Blusukan Ke Restoran Bandar Jakarta Ancol


Kemarin ada temen yang ulang tahun, kemudian ngajak ke Restoran Bandar Jakarta Ancol  pas makan siang, katanya mau  neraktir kawan-kawan seruang kerja. Termasuk aku diajak juga… hmmm gak nolak, siapa takut.
 
 

Kami serombongan jumlahnya enam orang termasuk yang ulang tahun. Bang Malik sang sohibul bait mengarahkan kendaraannya kearah utara Jakarta, siang itu jalan nggak macet mungkin karena anak sekolah  sudah pada libur dan orang kantoran banyak yang cuti menjelang akhir tahun. Cuma disekitar ujung jalan Gunung Sahari menjelang pertigaan Ancol saja mobil jalan merayap, itupun karena genangan air rob kali ancol.
 
 
 
 
Memasuki bagian dalam restoran yang open air dan ukurannya big size, meja dan kursi tertata rapih, bersih, bisa menampung sekitar 700 pelanggan…. Lalu memasuki bagian samping resto aku agak terperangah, selain kali pertama datang ketempat ini, juga karena banyak sekali aquarium berisi berbagai bahan dasar menu sea food yang masih hidup. Antara lain ikan salmon, ikan salem, ikan halibut, ikan bandeng, kepiting, rajungan, berbagai kerang, ikan kerapu cantang, ikan kaci-kaci, Ikan bawal, lobster, baby lobster, gurita, berbagai udang, ikan kakap, ikan kue , cumi, ikan gurame, sampai anak ikan hiu pun ada. Tapi entah hiu itu buat dikonsumsi atau sekedar dipajang nggak tahu lah sebab jumlahnya nggak banyak cuma sekitar  ekor, ukuran beratnya sekitar 3 kg.

 
 

 


Saking banyaknya sea food yang tersedia disini, resto ini memiliki pasar ikan untuk memunuhi selera makan pelanggannya. Menurut informasi dari petugas kitchen, ikan di yang ada di resto ini dipasok dari beberapa peternak ikan hidup di sekitar Jakarta, nelayan di laut Jawa dan diimpor untuk ikan tertentu.

 
 
 
 
Dari sekian banyak menu yang ada, Bang Malik membebaskan kami untuk memilih makanan apa yang disuka. Boleh menu ikan, udang, kepiting atau  kerang, terserah aja mana yang disuka pilih sendiri, nggak dibatesin katanya. Namun karena aku nggak biasa makan sea food diresto besar begini, aku pilih ikan pepes edan, yaitu pepes ikan dengan rasa pedas yang membakar bibir, kalau disuapkan kedalam mulut akan terasa pedes yang sangat istimewa.  Biar aman dan bebas dari kolesterol jahat. Sedangkan temanku yang lain salah satunya ada yang minta hot plate kepiting, yaitu menu kepiting dengan campuran tahu yang lembut dialasi baluran telur pada hot plate-nya.

 

Oh ya buat memilih olahan yang akan dimasak, kita bisa memilih sendiri di aquarium yang sudah disediakan. Disana kita dikasih tempat berupa keranjang buat meletakkan ikan atau apapun yang kita mau, tapi kalau minta dipilihin juga bisa, pelayannya selalu siap untuki memilih yang terbaik. Menu yang tersedia disini mulai dari bakaran, gorengan, sampai dengan olahan yang jumlah menunya lebih dari 100 macam, termasuk sambal dan olahan sayuran. Antara lain cumi goring kering, udang bumbu rujak, bawal jepang sauce bakar, kepiting tarakan saos padang, kerapu steam, cumi saos madu, udang galah super sauce teluk, kerang bamboo sauce pedas. Dan juga menu sarapan berupa seafood dimsum, termasuk pangsit udang mayonnaise.
 
 

Tak berapa lama peasanan kami datang, pelayan yang ramah dan lincah dalam menyiapkan hidangan mulai dari membersihakn bahan, memotong dan mengolah dengan baik, sangat membangkitkan selera buat segera melahap hidangan yang tersedia. Apalagi tak jauh dari meja kami, ada panggung yang sedang menampilankan musik lembut mengiringi  pengunjung yang tengah menikmati lunch-nya.  Sehingga makan siang itu terasa nyaman dan nikmat sekali. Ditambah dekorasi restoran  yang cukup menyejukan, dengan menampilkan pemandangan dalam laut.
 
 


Tak lama kami kongkow diresto ini, karena harus kembali kekantor, jam makan siang sudah habis, nanti bos cemberut kalau kami kembali masuk ruang kerja terlambat. Walau cuma sebentar, nilaiku buat resto ini 8. Dari menu yang tersedia sangat  banyak dan bervariasi, makanannya lezat, harganya nggak mahal, kecepatan menghidangkan menu dari mulai di-order sampai diantar kemeja nggak lama. Pelayannya ramah, suasana didalam resto tenang nggak gaduh, pengunjung dimanjain ama pemandangan tepi laut, dekorasinya bagus. Toilet yang tersedia bersih, tisu dan handsoap-nya tersedia.  Resto ini benar-benar menjadi the real sea food restaurant yang menyediakan berbagai alternatif pilhan menu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar