Minggu, 18 Januari 2015

Nyantap Bakmi Jowo Mbah Gito Yogyakarta

Baru pertama kali mengunjungi dan makan di Restoran Bakmi Jowo Mbah Gito. Suasananya ndeso banget, seluruh restonya terbuat dari kayu cuma dindingnya aja gedeg (anyaman bambu). Lampu yang mnerangi modelnya seperti lampu jaman dulu, pegawainyapun menggunakan baju adat jawa surjan dan blankon. Mulai dari pertugas dapur, pelayan hingga kasir.




Lokasinya di jalan Nyiageng Nis no 9, Peleman-Rejowinangun Yogyakarta. Buka mulai  pukul 10 pagi hingga pukul 23 malam. Malam itu Pelanggannya cukup ramai, mobil yang parkir memenuhi semua tempat yang telah tersedia.  




Tempat pengunjung bersantap ada yang menggunakan meja, ada juga yang lesehan. Bagi yang lesehan biasanya digunakan oleh pengunjung yang rombongan atau keluarga. Sebab bisa ngobrol dan bercengkerama dengan leluasa sambil nyelonjor. Tempatnya sederhana tapi patut diacungi dua jempol.





Menu yang tersedia disini adalah bakmi godog, bakmi goreng, bihun godog, nasi goring, capcay, gado gado, soto dan beberapa menu daerah magelang. Untuk bakmi godog dan bihun godog jika ingin yang spesial , campurannya bisa dengan paha, sayap, dada, kepala, ati rempela, ceker, brutu yang semuanya diambil dari ayam kampung. Asal tau aja menu disini hampir semuanya menggunakan telur bebek, oh ya…  ukuran bakmi disini porsinya jumbo, jadi kalau mau pesan diperhitungkan dulu.



Minumnya ada wedang jahe (Uwoh), yaitu minuman yang berwarna merah berbahan dasar jahe dan beberapa rempah-rempah yang berasal dari daerah Bantul. Disebut Uwoh karena banyak isinya mirip seperti sampah.



Selain itu penggemar kuliner dapat memilih Teh Poci yang disediakan menggunakan gula batu. Jika nggak ingin pakai gula batu juga boleh, tapi rasanya agak sepet. Namun kalau pakai gula batumesti diperhatikan jumlahnya, jangan sampai kebanyakan nanti terlalu manis.




Pesan makan disini nggak perlu waktu lama, karena wajan di dapur tempat memasak ada sekitar 6 orang yang bertugas meracik masakan. Nggak seperti ditempat penjualan bakmi jawa yang lain, harus antri pakai nomor. Disini selain cepat, pelayannya juga ramah. Pantaslah kalau di Bakmi Jowo Mbah Gito banyak pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar