Kamis, 02 Januari 2014

It's Your Choice

Beberapa waktu yang lalu ketika aku baru mengikuti perkuliahan di kampus, yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, kuliah diutamakan buat orang yang sudah bekerja. Dosenku mengatakan bahwa jika seorang mahasiswa ingin berhasil maka harus bisa mengambil manfaat dari 3 buah benda, yang akan direbus oleh seseorang yaitu : Kentang, Kopi dan telur.


Dalam perjalanan perkuliahan biasanya akan ada mahasiswa yang berhasil, gagal dan drop out. Ini disebabkan karena  berbagai masalah dan tantangan. Di awal kuliah dosen memberikan memberikan kuliah pendahuluan mengenai karakteristik beberapa bahan agroindustri yaitu Kentang, Telur, dan Biji Kopi yang ternyata punya filsafat penting berkaitan dengan kehidupan sebagai mahasiswa. Hmm….

Kentang memiliki tekstur yang keras, padat, dan pejal. Telur didalam cangkangnya memiliki tekstur lunak dan cair. Biji kopi sangrai bertekstur keras dan berbentuk butiran beraroma harum.

So What..! Kata Dosenku “Selanjutnya, mari kita berimajinasi untuk merebus ketiga bahan tersebut. Di akhir masa perebusan, adakah perubahan karakteristik dari ketiga bahan tersebut?”

Kentang berubah tekstur menjadi lunak dan gembur. Sebaliknya Telur justru menjadi padat. Sedangkan Biji Kopi Sangrai tetap menjadi dirinya sekaligus mengeluarkan rasa dan aroma kopi yang nikmat pada air rebusan. Wow…

So What lagi? Tunggu… ! Perhatikan, hal yang terjadi pada ketiga bahan tersebut, persis seperti yang terjadi pada mahasiswa. Bisa saja, mahasiswa yang berkepribadian keras dan padat seperti kentang berubah menjadi gembur dan lembek pada akhirnya. Ada juga mahasiswa yang tadinya lembek akhirnya jadi keras seperti telur. Sedangkan mahasiswa biji kopi, dia tetap jadi dirinya bahkan membawa pengaruh baik bagi lingkungannya , maksudnya air rebusannya. Itu mahasiswa yang bisa berpengaruh baik tanpa kehilangan jati dirinya. Hmm…

Makanya karena hampir semua mahasiswa dikampus ini sebagain besar sudah bekerja, kita harus banyak berusaha dan ulet,  kehidupan memang keras! Tapi mau jadi apakah kita, it’s your choice. Dalam hidup, banyak tantangan di sekeliling kita, banyak masalah yang menimpa kita, tetapi yang paling penting ialah apa yang terjadi dalam diri kita. Yang mana kita? Bila masalah atau musibah datang, bagaimana sikap kita? Adakah kita menjadi lemah, keras hati, atau merubah menjadi orang yang lebih baik? Silahkan pilih sendiri.(Ari Dhamayanti)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar