Senin, 18 November 2013

Mpok Nori

Siapa yang nggak kenal Mpok Nori ? salah seorang wanita perkasa yang ada di Indonesia. Kenapa perkasa ? karena usianya sudah menginjak 84 tahun, tapi masih aktif bermain topeng dan lenong. Nggak ada capeknya, apalagi kalau sudah menjerit-jerit yang merupakan ciri khasnya, suaranya melengking dan memekakan telinga.


Menurutku Mpok Nori adalah legenda dunia hiburan di tanah air, Namanya merupakan jaminan hiburan, kekonyolannya natural, khas betawi yang mampu membuat urat yang tegang menjadi kendor dan segar kembali. Membuat orang yang mukanya ditekuk menjadi rapih lagi.


Mengapa Tuhan menciptakan Mpok Nori kedunia ? jawabannya adalah orang seperti dia harus ada, agar orang-orang yang sudah suntuk, orang-orang yang sudah jenuh kembali bahagia. Bahkan bisa menularkan kebahagiaan itu pada orang lain. Mpok Nori melengkapi  hdup kita yang kurang tertawa, kurang humor serta canda gurau dalam hidupnya. Makanya Tuhan menciptakan Mpok nori agar orang yang sedang kacau hidupnya menjadi rileks dan bisa santai kembali. Mpok Nori mempunyai tugas dari Tuhan sebagai penebar suasana santai didunia ini, menebarkan aura kenyamanan ditengah suasana rutinitas yang selalu membuat stres.


Logat betawinya yang kental, terlihat jika pada saat main lenong atau topeng dan melawak, ada lawan bicara memancingnya untuk emosi. Keunggulannya jelas terlihat dan membedakan dirinya dengan pelawak yang lain. Bahwa wanita identik dengan lemah lembut dan keanggunan, tapi kita akan melihat wanita berkarakter yang gagah dalam diri Mpok Nori ketika sudah marah dan berteriak, nyaring banget. Nada bicara yang tinggi, cepat, aksen betawi, ceplas ceplos, apa adanya . Itulah ciri khas pelawak betawi, coba perhatikan malih tong-tong, omas, mandra, mereka seperti itu bicara keras, tapi suaranya tak setinggi dan senyaring Mpok Nori.


Mpok Nori sangat menjunjung tinggi eksistensi budaya betawi, dapat dibuktikan dengan dibentuknya sanggar khas betawi yang bernama Sanggar Sinoray.  Sanggar ini mempresentasikan kesenian panggung betawi dimanapun mereka di-order, ada Tari Betawi, Topeng , Lenong, Gambang Kromong dll. Dalam grup gambang kromong yang dimiliki Mpok Nori, semua pemain musik adalah kerabat dan familinya, mulai dari gendang, keyboard, gitar, bass, terompet, gong, rebab. Termasuk penyanyi dan penarinya adalah cucu bahkan cicitnya, ikut pentas.


Mungkin nggak ada orang yang memiliki, ponakan, cucu, cicit untuk suatu pementasan. Upaya yang dibangun Mpok Nori ini adalah upaya melestarikan budaya betawi, dan juga sebagai dedikasi beliau yang telah dibesarkan oleh budayanya sendiri.  Totalitas Mpok Nori dilakukan karena kecintaannya terhadap budaya aslinya tersebut, sehingga untuk melestarikannya belaiu menularkan semua darah seni pada anak, cucu, cicit dan ponakannya.

Semoga Mpok Nori sehat selalu, agar penampakan budaya betawi tetap eksis di tanah air. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar