Selasa, 04 Maret 2014

Troli

Aku rasa hampir semua orang tahu troli bandara, coz sekarang hampir semuanya jika bepergian jauh menggunakan pesawat. Troli yang kelihatannya biasa-biasa saja, namun jika kita membawa barang yang berat dan cukup banyak, maka dia akan menjadi barang yang luar biasa.


Hampir setiap bepergian ke daerah ketika sampai di bandara, aku sering ngerasa nggak tersedianya troli. Setelah kucari kesana-kemari, banyak sekali troli sudah dikuasai oleh puluhan buruh bandara (porter) untuk mengangkut bagasi penumpang. Troli yang seharusnya diperuntukkan bagi penumpang pesawat udara yang baru mendarat, ternyata dikuasai oleh porter sehingga penumpang kelimpungan mencari alat pengangkut barang bawaannya, Kalau kita pinjam dan minta biasanya dia malahan memaksa untuk mengangkut barang. Sehingga mau nggak mau harus membayar, padahal barang yang dibawa nggak terlalu banyak, paling hanya sebuah koper.


Kalau masalah ini manajemen bandara nggak tahu, kayaknya mustahil. Karena pernah kutanya kesalah satu porter yang sedang menguasai troli, dia bilang bahwa dia juga sebagai porter harus setor ke petugas bandara, kalau dia nggak setor akan di-blacklist bahkan bisa dikeluarkan dari perusahaannya, nggak boleh lagi cari makan di bandara.

Ini dilema, jika akan dipakai maka kita mengganggu penghasilannya yang akhirnya dapur dirumah nggak bisa ngebul. Kalau nggak dipakai kita kerepotan, padahal itu fasilitas penumpang pesawat yang ada di bandara.  



Sudah seharusnya pihak angkasa pura melakukan penertiban terhadap penggunaan troli. Kita nggak tau bagaimana cara menertibkannya. Dan juga kita nggak tahu bagaimana merawat troli tersebut biar awet pemakaiannya. Disetiap bandara coba lihat berapa banyak troli yang rusak mulai dari roda hingga peganggannya yang masih dipergunakan oleh para penumpang. Tidak hanya pandai melakukan mengadakan dan membeli, angkasa pura juga harus melakukan perawatan dan menganjurkan pada pengguna jasa bandara, agar apik menggunakannya sehingga penumpang airline dapat fasilitas troli yang kondisinya baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar