Rabu, 02 Oktober 2013

I T EXPO

          Sebuah gebrakan yang sangat inovatif, keren… hebat. Tak mau kalah dengan tempat tempat yang biasa mengadakan pameran di Jakarta, seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran, Jakarta Convention Centre (JCC) di Senayan, Balai Kartini di Kuningan. Bank Indonesia yang dimotori oleh Departemen Pengelolaan System Informasi(DPSI) mengadakan “IT EXPO 2013” bertempat di Lobby Menara Radius Prawiro selama 4 hari dari Selasa sd Jum’at, tanggal 30 April sd 3 Mei 2013, mulai pukul 09.00 sd 17.00 WIB.


          Acara dibuka oleh Direktur Ekskutif DPSI (Bramudya Hadinoto-Pak Bram) yang dilanjutkan dengan workshop dan seminar “Pemanfaatan Teknologi Mobilitas Untuk Mendukung Financial Inclusion di Indonesia” yang presentasinya disajikan oleh Adriansyah Adnan, Senior Director Anabatic Technologis. Sedangkan pesertanya diikuti oleh Pegawai Bank Indonesia dan sejumlah undangan. Pameran yang dikemas dalam parade budaya kerja, selain diisi oleh eksibisi, 5 seminar dan 3 worshop. Mulai dari workshop BLINK, Teknik Fotografi Panggung, Dasar dasar Videografi hingga workshop Excel. Dalam expo ini juga diselenggarakan sosialisasi Program DPSI, Sosialisasi Satker, Talkshow,  dan penarikan undian bagi pengunjung yang beruntung.


          Dalam sambutan pembukaannya Pak Bram menyampaikan bahwa tantangan atau tuntutan terhadap Bank Indonesia menjadi tuntutan terhadap dukungan system informasi (SI) yang lebih optimal. Secara kuantitas banyak layanan system aplikasi yang tersedia di BI, berupa aplikasi infrastuktur maupun maupun fasilitas BI lainnya. Saat ini telah tersedia 140 aplikasi yang digunakan oleh Pegawai untuk mendukung pelaksanaan tugasnya diberbagai sektor, maupun yang mendukung pengambilan keputusan dilevel Dewan Gubernur. Namun demikian tuntutan untuk meningkatkan kualitas layanan sistem informasi semakin mengemuka. Stakeholder SI baik internal BI maupun eksternal BI mengjharapkan layanan SI yang lebih terintegrasi, lebih cepat respon time-nya, lebih terkini dan akurat informasinya, lebih terjaga ketersediaan atau availabiliti-nya serta lebih secure.


          Peserta eksibisi yang akan berpartisipasi dalam IT EXPO 2013 dikoordinir oleh pihak Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia (AITI), yang menampilkan produk-produk utama berupa gadget, netbook, tablet, smartphone, dan asesoris-asesorisnya dengan brand ternama antara lain Apple, Samsung, Acer, Asus, Axioo, Fujitsu, Hewlett Packard, Lenovo, MSI, Shuttle, Sunde – Zero Client, Zyrex, Brother, Canon, dan Fuji Xerox.  Yang kesemua alatnya sangat dibutuhkan oleh Pegawai dalam melakukan tugas dikantor sehari-hari, serta untuk pemakaian di rumah dengan keluarga.


          Tujuan utama dari expo ini adalah untuk mengimbangi kemampuan dan Aware Pegawai BI terhadap gadget, mereka sudah menggunakan gadget untuk pekerjaan sehari-hari. Expo ini juga bukan hanya eksibisi atau pameran yang ada di lobby Gedung MRP tapi juga panitia mengadakan seminar serta workshop yang aplikatif di Gedung lain, yang bisa diterapkan dalam pekerjaan dikantor maupun lingkungan keluarga. Diharapkan dengan adanya IT expo yang belum sempurna ini Pegawai BI akan lebih  aware lagi terhadap penggunaan gadget, dan tahun berikutnya jika ada acara seperti ini DPSI akan membuat lebih menarik dan lebih sempurna.       


          Untuk meringankan beban Pegawai yang berminat memiliki peralatan yang dibutuhkannya, Panitia menggandeng Koperasi Pegawai Bank Indonesia (KOPEBI), agar Pegawai yang tertarik membeli gadget atau produk lain dapat diringankan pembayarannya, yaitu dengan fasilitas cicilan hingga 36 kali (bulan). Bagi Pegawai yang ingin membayar langsung, pembayarannya bisa cash dan bisa menggunakan kartu kredit atau debit.

          Semoga dengan kegiatan ini Pegawai BI mendapat memperoleh manfaat berupa pengetahuan dan skill dalam memanfaatkan SI dengan lebih optimal. Dan hal semacam ini bisa dijadikan agenda rutin DPSI, atmosfernya bisa menarik atau menggelitik Satker lain untuk melaksanakan “EXPO” yang terkait dengan pekerjan rutin sehari hari.(Sumber : On the spot dan DPSI)  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar