Rabu, 09 Oktober 2013

Kunjungi Museum di Malam Hari

          Night at The Museum adalah salah satu cara menjual, mempromosikan museum pada masyarakat yang dilakukan Museum Bank Indonesia (MBI). Dalam acara tersebut misi dan dukungan sangat berpengaruh, karena mengenalkan masyarakat pada museum bukanlah hal yang mudah. Selain kurangnya minat masyarakat datang ke museum, terkadang nilai sejarah museum tersebut kurang menarik.


          Biasanya, orang-orang akan mengunjungi museum saat siang hari. Namun, bagaimana rasanya jika mengunjungi museum ketika malam hari? Pasti sensasinya berbeda, apalagi gedung museum yang dikunjungi adalah gedung yang sudah berusia ratusan tahun, peninggalan jaman belanda.


            Gedung MBI yang terletak di Binneninieuwpoorstraat atau sekarang bernama Jalan Pintu Besar Utara No3, Jakarta Barat di bekas kantor Bank Indonesia Kota, pada saat selesai  dibangun dipakai sebagai rumah sakit Bangsa Belanda yang bernama Binnen Hospital. Lalu pada tahun 1828 dipergunakan oleh De Javasche Bank dan tahun 1953 sampai sekarang dipakai oleh Bank Indonesia.


           Night at the Museum diselenggarakan untuk lebih mendekatkan museum kepada masyarakat dengan cara yang berbeda. Melalui program ini, MBI ingin melawan acara-acara mistis yang mengambil latar belakang tempat di museum. Dalam Night at The Museum Museum kali ini, Museum Bank Indonesia (MBI) hanya mengundang komunitas Historia Indonesia (KHI). Acara dimulai dengan kunjungan keseluruh ruang pamer koleksi yang penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama yang berada di dalam gedung.


          Sangat tak terduga bahwa hal hal yang sebelumnya cuma didengar melalui cerita pada malam itu sungguh dapat melihat langsung. Mulai dari sejarah VOC sampai didirikannya De Javasche Bank dan difungsikannya Bank Indonesia sebagai bank sirkulasi dan pengedaran uang. Memasuki museum BI pada malam hari nggak terasa seram, karena museum yang satu ini benar-benar terawatt, so cerita2 hantu yang selalu dikaitkan dengan gedung tua kayaknya nggak pernah singgah disini.



          Setelah dipandu berkeliling keruang display dan menyaksikan gedung  bergaya arsitektur neoklasik Eropa, pengunjung diajak makan malam bersama dengan disugguhi acara musik yang menampilkan BI-One sebagai home band. Acara berlangsung sederhana namun sangat meriah, dan acara seperti ini sebaiknya dilakukan juga untuk Pegawai Bank Indonesia. Karena sebagai pemilikik MBI banyak sekali Pegawai Bank Indonesia yang belum pernah berkunjung ke Museum Bank Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar