Kamis, 10 Oktober 2013

Merajut

Bila kita melancong ke daerah Minangkabau, khususnya ke daerah yang hampir semua pekerjaan penduduknya merajut Songket. Pasti kita tertarik untuk mecoba belajar merajut bagaimana membuat songket. Di Pandai Sikek-Bukittinggi hampir semua penduduknya mempunyai kepandaian dalam merajut kain songket, ini yang menyebabkan banyak orang yang berkunjung ke Sumatera Barat penasaran jika tak mampir kesana.


Merajut bukan hanya membuat songket, merajut bisa membuat apa saja. Merajut merupakan suatu kegiatan yang mengasyikan, dulu kegiatan ini identik dengan orangtua, nenek-nenek dan ibu yang sedang hamil untuk menghabiskan waktu senggangnya. Saat ini kegiatan merajut nggak hanya dihubungkan dengan wanita dan ibu hamil saja, sekarang sudah banyak kaum muda yang menekuni hobi ini. Kaum muda sekarang nggak hanya sekedar mendalami merajut tapi mencoba juga menjadikan merajut itu seni tapi suatu kegiatan yang menguntungkan  serta bernilai ekonomi.


Merajut memerlukan keahlian tersendiri dan sangat menuntut ketrampilan tangan-tangan cekatan untuk mendapatkan hasil rajutan yang baik dan berkualitas. Merajut dapat dilakukan oleh siapapun, yang mempunyai hobi dan kesukaan tersendiri. Cara merajut tetap membutuhkan tingkat keahlian dan ketrampilan. Jika ingin sukses dalam kegiatan ini, kita harus mencobanya, nggak bisa cuma melihat. Karena dari hasil mencoba maka kita akan menjalani proses yang terkadang memberikan kepuasan sendiri terhadap hasil rajutan.


Merajut banyak sekali manfaatnya, bila didasari dengan perasaan yang menyenangkan. Karena merajut membutuhkan disiplin, kesabaran dan merelaksasi otot serta otak untuk lebih fokus. Terkadang timbul perasaan bahwa merajut adalah sebuah kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Perasaan seperti ini bisa saja muncul dari kesan kita setelah melihat hasil rajutan seseorang yang sangat rumit dan kita tak tahu harus memulainya dari mana. Namun sejatinya merajut adalah sebuah pekerjaan yang tak sulit untuk dilakukan, karena cuma membutuhkan keteletian, ketelatenan dan ketrampilan. Sedangkan pola-nya bisa kita dapatkan dengan membeli buku-buku. Jika diawal belajar kita mengalami kesulitan, ciptakanlah bahwa merajut adalah sebuah hal yang mudah. Dengan memberi sugesti seperti ini, maka akan mempermudah langkah kita untuk belajar merajut. Siapa tahu kita hanya membutuhkan waktu sedikit untuk menguasai teknik merajut yang rumit sekalipun.


Insyaallah jika kita sudah menekuni kegiatan merajut, maka efeknya juga akan mendatangkan uang dengan menjual hasil rajutan. Saat ini hasil rajutan banyak sekali jenisnya, mulai dari pakaian, sweater, rompi, vest, jaket, pakaian bayi, pakaian balita, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar