Rabu, 09 Oktober 2013

Pisang


             Sudah tahu manfaat pisang…? Nahhh cobalah memperkaya buah pisang dalam menu harian. Selain mudah didapat, pisang juga relatif murah, tetapi nggak murahan. Kan jelas-jelas padat gizi untuk kesehatan! Selain menjadi favorit sebagian besar atlet, buah pisang juga memiliki khasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, perlu cermat memilih. Pasalnya hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami, serta cepat diabsorsi ke dalam peredaran darah.


          Pisang selain enak dan nggak susah dicari juga dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah. Bagi yang mempunyai sakit lambung sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut. Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

           Penjelasan seorang ahli, DR Ir Sobir, dari Pusat kajian buah-buahan Tropika IPB, manfaat pisang ternyata dapat meningkatkan konsentrasi anak. Buah pisang termasuk buah yang padat nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat pisang sering dijadikan buah pilihan untuk makanan bayi. Bagi anak-anak, manfaat pisang juga bisa menjadi bekal sehat ke sekolah. Di banyak negara maju, pisang kerap menjadi bekal makanan anak-anak ke sekolah. Mereka juga memiliki resep pisang tersendiri dengan memasukkan potongan buah pisang ke dalam sereal dan susu saat sarapan. Pisang menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah. Tapi yang lebih baik adalah di konsumsi langsung karena kandungan gizinya nggak hancur (hilang) atau berkurang karena proses pemanasan waktu mengolahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar