Kamis, 26 September 2013

Celengan vs Bank

          Pas antri di bank, kakek di sebelahku ngomel. Punya duit pas-pasan disimpen di bank, setaun nggak diusik bukannya nambah tapi malah menyusut. Kasihan juga lihat Customer Service bank kesulitan menjelaskan tentang bunga dan biaya administrasi yang aku saja nggak mudeng. Mungkin memang masih ada sebagian masyarakat kita yang menganggap nabung di bank akan bertambah oleh bunganya. Padahal kalo aku lihat di rincian transaksi tiap bulan, jarang banget bunga lebih besar dari pada biaya administrasi.


          Aku sih nggak begitu mempermasalahkan, karena kepentingan punya rekening bank emang bukan buat nganakin duit. Tapi untuk mempermudah pengelolaan keuangan dengan adanya fasilitas sms atau internet banking. Bayar listrik, telpon, beli pulsa sampai cicilan utang motor aku nggak perlu antri lagi. Cukup duduk manis sambil ngeblog, urusan selesai. Biaya bulanan sepertinya masih jauh lebih murah daripada aku harus modar-mandir kesana kemari.

          Wajar jika saldo tabungan grafiknya nggak pernah meningkat. Karena emang aku laki-laki sejati yang nggak bisa nyimpen duit. Yang penting bisa nyari dah cukup, biar bendahara rumah yang urus. Lagian urusan ngatur keuangan, perempuan kayaknya lebih jago daripada laki-laki. Laki-laki duit 50 ribu paling habis buat rokok dan nongkrong bareng temen-temen. Kalo ibu-ibu, uang seribu perak bisa dimakan sebulan untuk rame-rame. Beliin aja garam dapur.



          Untuk cadangan kalo-kalo ada kebutuhan mendadak, aku malah mengandalkan celengan semar dari tanah liat. Setiap aku punya uang 10ribuan misalnya kembalian belanja, selalu aku masukan kesitu. Dan aku berkomitmen hanya untuk uang 10 ribu biar nggak terlalu maksain diri.
Yang penting jangan diinget-inget dan anggap saja uang ilang.

          Kadang kaget juga pas kondisi terpepet, trus mbuka celengan kok udah banyak isinya.
Lumayan kan, nggak harus minta jatah dapur untuk keperluan sendiri. Cuma sayangnya kalo nggak kepepet, aku kok suka mepet-mepetin diri yah..!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar