Minggu, 29 September 2013

Service Revolution

Dengan maksud ingin memenuhi kepuasan stakeholder yang berkunjung ke Bank Indonesia, walaupun kepuasan sebenarnya sangat relatif tetapi paling tidak, seorang Satpam yang posisinya berada di frontliner semestinya memiliki pribadi prima dan selalu memperbaharui serta menambah pengetahuannya mengenai pelayanan. Pelayanan yang diberikan pada stakeholder tidak hanya sekedar rasa aman namun rasa nyaman dan kesan positif  terhadap Bank Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pada tanggal 27 s.d 29 September 2013 bertempat di Tapos Resort-Bogor, Grup Pengamanan bekerjasama dengan PT Chakra menyelenggarakan pelatihan “Service Resolution”.


Mindset yang selama ini dimiliki adalah bahwa Satpam hanya berperan dalam masalah pengamanan suatu institusi, namun dengan mengikuti pelatihan dimaksud perannya kedepan akan berubah tidak hanya mengamankan. Tetapi harus bisa membuat stakeholder yang berkunjung ke Bank Indonesia akan merasa nyaman dan merasa keberadaannya di Bank Indonesia sangat menyenangkan. Cara berfikir yang baik akan menghasilkan kata-kata yang baik dan juga menghasilkan tindakan serta kebiasaan yang baik pula, jika ditanamkan secara rutin setiap hari dalam diri individu Satpam, maka akan tercipta karakter Satpam yang dapat diandalkan serta menjadikan citra BI prioritas utama dalam tugas.


Setelah diberikan materi pelatihan diharapakan dalam tugasnya sehari-hari, Satpam terus menggali potensi diri yang terbaik, dan memberikannya kepada stakeholder dengan cara terbaik. Yang berarti bahwa dalam melaksanakan tugas bukan hanya menggugurkan tanggung jawab namun selalu menciptakan add value, mengelola semua infrastuktur menjadi nilai tambah, senantiasa memperlengkapi diri dengan product knowledge. Dengan demikian maka tugas yang dilakukan akan akurat melebihi standar yang diberikan.




Ditekankan dalam pelatihan tersebut bahwa stakeholder adalah orang yang paling penting, stakeholder tak selalu menyenangkan tapi penting buat kita, stakeholder bukanlah beban atau pengganggu terhadap pekerjaan kita, maka layanilah stakeholder dengan special karena mereka memang special, stakeholder tidak tergantung pada kita, tetapi kita tergantung pada dia. Dia bukan orangluar BI, dia adalah bagian dari BI. Satpam sebagai garda depan harus selalu bisa memperbaiki diri dari setiap pengalaman yang dialami dalam tugas sehari hari, agar selalu waspada dan tetap humble.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar