Rabu, 11 September 2013

Kertas Di ATM

Kalau kita perhatikan dalam bertranksaksi dianjungan tunai mandiri(ATM), kadang ada penawaran apakah ingin mencetak transaksi tersebut. Padahal kertas itu kadang cuma untuk mencetak saldo tabungan dan akhirnya dibuang ketempat sampah disebelah ATM.


Aku pikir sudah waktunya bank-bank mulai mengkampanyekan Go Green dengan tak mengeluarkan kertas seusai traksaksi di ATM. Walaupun ukurannya cuma kecil, berapa banyak kertas terbuang percuma ketika transaksi dilakukan setiap harinya. Ada ribuan transaksi dari ATM dan akhirnya kertas kertas tersebut menjadi mubazir.

Mesin ATM sebaiknya mengeluarkan kertas hanya untuk bukti transfer atau pembayaran. Jika ingin melihat saldo, cukup yang tertera nominal di layar. Apalagi dengan keberadaan telepon pintar saat ini, hal tersebut bisa dipotret atau difoto.


Kalau saja semua bank memberlakukan kebijakan seperti itu, nggak banyak lagi pohon ditebang. Sekecil apapun penggunaan kertas, pasti berdampak pada lingkungan. Sudah saatnya semangat go green merambah banyak sektor kehidupan. Kalau bukan sekarang, kapan lagi menyelamatkan bumi? Langkah yang kita lakukan, jika diikuti orang sekitar akan menjadi gerakan masif penyelamatan hutan, semoga.(Suprihatno) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar