Senin, 16 September 2013

Roti Unyil

          
            Mungkin karena bentuknya mungil makanya roti yang satu ini disebut “Roti Unyil”. Kuliner ini sekarang telah menjadi ikon Bogor selain Toge Goreng, Asinan, Soto Kuning dan Laksa. Kuliner khas ini bukan merupakan makanan tradisional warisan budaya, namun merupakan hasil ciptaan dari tangan-tangan kreatif. Hasilnya kreasi ini justru dikenal masyarakat luas sebagai kuliner khas dari Bogor yang wajib untuk diburu.


           Sekarang roti unyil bukan cuma ada di Bogor tapi telah merambah ke kota dan tempat wisata disekitar Jawa Barat seperti Cipanas, Padalarang, Sukabumi bahkan Jakarta. Roti unyil sebenarnya adalah roti manis dengan isi beraneka ragam, ada yang isinya coklat, abon, nanas, pisang, sosis, daging asap atau taburan mesis, kelapa, kacang hijau dll. Ukuran roti unyil ini mini sehingga dapat disantap sebuah roti hanya dalam satu suapan saja.


           Bila sedang wisata ke Bogor tapi nggak mencoba kuliner yang satu ini rasanya belum lengkap, karena selain kecil mungil harganya juga ringan dan nggak bikin gemuk.

1 komentar: