Kamis, 05 September 2013

Nine Ball

          Inter Central Bank Games (ICBG) yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 30 September 2012 di Yogyakarta,  diikuti oleh 4 instansi perbankan dari 4 negara yaitu Bank Negara Malaysia (BNM), Bank Of Thailand (BOT), Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Bank Indonesia (BI). Salah satu games yang dipertandingkan adalah biliar jenis 9 ball (bola sembilan). Tiap negara harus mengirimkan perwakilannya. Bank Indonesia sebagai tuan rumah tak ketinggalan mengikutsertakan para pemain 9 ball-nya dalam pertandingan itu.


          Image selama ini , aktivitas ketangkasan billiard khususnya 9 ball, cenderung negatif, kebanyakan orang menyebut sebagai bagian dari aktivitas dunia malam atau dugem. Semua itu tak terbukti, karena dalam pertandingan di ICBG kita bermainnya pada siang hari, di gedung biliar yang cukup mewah dengan tiupan air conditioner  yang menyejukan, dan seluruh pemain dalam pertandingan itu dilarang merokok pada areal indoor gedung. Pemain bermain dengan santun  dan sangat bersahabat.

          Ternyata ada beberapa hal yg menarik juga daripada olahraga billiar ini, selain melatih ketangkasan, juga melatih strategi dan logika. Bola yg akan kita masukkan ke lubang, perlu perhitungan  juga agar berhasil, untuk membuat arah bola yg tepat kita perlu membuat perhitungan sudut, tenaga pukulan dan kecepatan moment bola. Jadi teringat lagi ilmu geometri matematika dan fisika momentum jaman SMA dulu. 


          Permainan biliar yg disebut dengan istilah  nine ball, hanya ada 9 bola yg disodok dari nomer terkecil sampai terbesar, yang pertama memasukkan bola 9 lah yg menjadi pemenangnya. Bisa jadi ada pemain yang bisa memasukkan semua bola dari satu sampai delapan, tapi kalau lawannya bisa memasukkan bola no 9, maka dialah yang jadi pemenang. 

          Dalam perjalanan hidup ini, ada saat yang menentukan, seperti saat kematian kelak, nasib seorang manusia di akhirat kelak, tergantung juga bagaimana keadaannya saat meninggal dunia, apakah berada dalam kebaikan atau kejahatan. Ada orang yang banyak melakukan amal kebaikan, tapi ternyata pada saat menjelang akhir hayatnya ia melakukan dosa atau kejahatan, maka dalam perhitungan pasti merugilah ia.

          Ternyata banyak hikmah nya juga permainan 9 ball tersebut, tapi harus disadari pula, bahwa ini hanya sekedar permainan belaka, janganlah sampai menghabiskan waktu sia sia, karena permainan sifatnya membuat kita terlena dan bisa menjadi semacam ketagihan. Jangan kelamaan dan terus menerus terjebak dalam permainan, aku juga main hanya sekali2 saja saat waktu senggang dan lagi ada mood, nggak menjadi agenda hidup yg penting.  


          Secara psikologis, orang yang sudah kecanduan dengan suatu permainan atau hobby, akan sangat mementingkan hal tersebut, sebab bila tak bermain ia akan merasa bagaikan haus dahaga, bagai orang ketagihan. Dan disinilah strategi setan bermain pula, membuat kita terjebak untuk menghabiskan waktu dalam permainan  dan melupakan hakikat sebenarnya mengapa kita diberi kesempatan hidup di dunia ini. 


          Dalam pertandingan yang dilangsung selama satu hari itu, alhamdulilah Tim 9 ball Bank Indonesia, akhirnya tampil sebagai menjadi juara 1(satu). Bahagia benar rasanya bisa membawa nama lembaga menjadi yang terbaik, latihan berat yang dilakukan selama ini sirna setelah melihat trophy kejuaraan berada ditangan kapten tim. Setelah ICBG selesai kami-pun pulang ke kantor Bank Indonesia di Jakarta dengan kepala tegak karena telah mengharumkan lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar