Kamis, 05 September 2013

Emping

          Kalau plesiran ke Pantai Anyer di Banten, jangan lupa mampir ke kota Serang karena disana ada sesuatu yang rasanya enak, yaitu ”emping”.  Hampir semua orang mengenal emping, karena enak dan bikin ketagihan, yang terbuat dari biji melinjo ditumbuk hingga tipis.


          Emping yang dihasilkan di daerah Serang berbeda dengan emping yang dihasilkan dari daerah lain pada umumnya. Selain rasa yang renyah karena pengolahannya, faktor kondisi tanah daerah Banten umumnya memiliki unsur hara yang tinggi sehingga menghasilkan buah melinjo dengan kualitas baik.


          Bila biji melinjonya diolah menjadi emping akan menghasilkan emping yang beraroma khas dan berkualitas tinggi. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi emping, silahkan mampir ke pusat oleh-oleh Banten di Kota Serang. Bagi yang menyukai penganan emping ini, agar tidak menimbulkan asam urat, tipsnya adalah dengan sering meminum jeruk.


           Pada toko oleh-oleh di daerah Serang terdapat emping yang sudah dikemas secara menarik dalam plastik yang tahan lama, serta diberi merek dengan berbagai rasa. "Tidak afdhol rasanya kalau berkunjung ke Kota Serang tak membawa pulang kerupuk emping". Wisatawan yang berkunjung ke Serang atau Banten dapat membeli emping dengan harga cukup murah yakni Rp36 ribu per kilogramnya.




1 komentar: