Senin, 30 September 2013

Why...? and How...?

Banyak sekali permasalahan yang harus dijalani karena diawali dua buah kata tanya yang membuat kita malas atau membuat kita mau berusaha. Kata itu adalah “mengapa”, kata mengapa ini hanya menjadikan masalah yang ada pada diri kita menjadi suatu keluhan. Contohnya mengapa saya tidak naik pangkat ?, mengapa do’a saya tak pernah dikabulkan Tuhan ?, mengapa istri saya belum juga hamil ?, mengapa saya belum punya mobil ?, mengapa saya belum ada yang melamar ?, mengapa suami saya semakin acuh saja? mengapa anak saya nakal sekali ?, mengapa  teman-teman dikantor menjauhi saya ? Mengapa atasan selalu memarahi saya ? mengapa….menagapa….mengapa…..


Kalimat yang dimulai dengan “mengapa” berpotensi  membuat kita menjadi lemah, membuat kita menjadi malas, membuat kita tak mau berfikir, membuat kita tak mau action, membuat kita sakit hati, membuat kita menjadi iri, membuat kita menjadi kurang bersyukur, dan membuat kita sering gelap mata. Kata “mengapa” membuat kita menjadi lemah, hanya menerima kenyataan, kurang usaha.

Biar hidup kita banyak berubah cobalah kita ganti kata”mengapa” dengan “bagaimana”. Bagaimana caranya supaya naik pangkat, bagaimana supaya do’a saya dibabulkan Tuhan, bagaimana supaya istri saya cepat hamil, Bagaimana caranya agar saya bisa membeli mobil, Bagaimana caranya agar ada yang melamar diri saya, bagaimana agar suami tambah sayang pada saya, bagaimana agar anak saya tak nakal, bagaimana agar teman-teman dikantor menjadi sahabat saya, bagaimana agar atasan tak marah-marah pada saya, bagimana…bagaimana…bagaimana…..


Merubah kata mengapa menjadi bagaimana membuat kita akan selalu bersusaha, membuat kita menjadi lebih baik, membuat kita selalu mencari solusi terhadap masalah, mencara  berbagai kemungkinan untuk berkembang. Merubah kata mengapa menjadi bagaimana akan membuat otak kita aktif, untuk selalu berfikir dan mencari alternative menjadi yang terbaik. Ayo kita berusaha dan berdoa, insyallah semua keinginan akan terwujud, percayalah bahwa Tuhan itu akan memberi yang terbaik buat kita.              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar