Kamis, 15 Agustus 2013

Ampera 2 Tak

          Gampang banget mencari masakan instan semacam fast food di Jakarta. Nggak hanya ada di pusat perbelanjaan saja, restoran cepat saji berjibun hampir di tiap sudut kota baik yang murah maupun yang harganya cukup mencekik saku. Nah, apabila pengen nyobain masakan yang sedikit beda, cobalah  mencicipi menu dengan konsep masakan rumahan. Salah satunya ada di Rumah Makan Khas Sunda ”Ampera 2 Tak”.


          Rumah makan ini cukup lebar,  berdiri diatas lahan seluas 200 m2 di Jalan Cikini Raya. Sekitar 14 meja disediakan dengan jumlah kursi berkisar antara enam hingga delapan kursi untuk satu meja makan. Rumah makan dengan interior yang kelihatannya sederhana artinya interiornya nggak modern bahkan terkesan Ndeso juga menyediakan meja di luar ruangan, totalnya  mampu memuat kira kira 100 orang.


          Menu yang disajikan cukup beragam. Tempe and tahun goreng, ikan gurame goreng, lele goreng ayam goreng, ikan asin,  pepes tahu, pepes teri sampai pepes jamurpun ada. Sedangkan untuk hidangan yang berkuah terdiri dari sayur asem , sayur lodeh, sayur bening bayam, tumis kangkung, oseng kacang panjang, oseng sawi hijau, terong balado tumis genjer, kangkung polos dan toge ikan asin, dan tak ketinggalan lalapan yang dipadu dengan berbagai model sambel. Sedangkan empal daging, dan oseng daging cabe hijau mewakili lauk  dari daging.   Untuk olahan lauk dari ayam bisa dilakukan dengan dengam bakar dan goreng, plus sate ayam.


          Dari menu makanan  tersebut, rumah makan ini mengandalkan racikan Gurame Saus Mangga dan nasi liwet sunda. Tak luput sambel ngebul menjadi satu paket. “Masakan ini unik namun rasanya nendang banget,” kata salah seorang pengunjung. Rasa olahan ini seperti lazimnya masakan Gurame saus. Bedanya,  Gureme olahan milik Rumah Makan  ”Ampera 2 Tak” ditaburi irisan kecil-kecil buah mangga. Rasanya sekidit rame dengan aroma buah mangga. Khusus sambal  beralaskan cobek kecil, aroma terasi terasa menyengat disertai kebulan asap.
          Sedangkan untuk menu minuman, warung ini tak memiliki menu andalan artinya tidak menampilkan sesuatu yang baru, yang dibuat hanya minuman yang sudah banyak dijajakan ditempat tempat lain. Ragam minuman yang ada banyak sekali antara lain es cendol, teh poci, es tape ketan, es kelapa muda jeruk serta juice berbagai macam buah dan sayuran.
          Dan untuk harga semua makanan dan minuman yang tersedia nggak perlu dikhawatirkan, pasti terjangkau walaupun oleh pegawai kelas bawah sekalipun. Apalagi sistem yang dipakai adalah self service sehingga kita bisa memperhitungkan berapa banyak makanan yang akan kita makan termasuk harganya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar