Selasa, 13 Agustus 2013

Usaha Cuci Motor

          Usaha cuci motor adalah usaha yg paling mudah dijalankan, selain modal usaha yang murah peminatnya pun tak akan habis, mengingat jumlah motor yang bertambah setiap harinya. Usaha Cuci Motor diminati oleh semua kalangan, di semua daerah karena cukup dilakukan dengan manajemen sederhana. Di Jakarta hampir ditiap-tiap kelurahan pasti ada yang buka usaha ini, dengan semua kelebihan usaha cuci motor,  nggak  heran  bila  banyak  pelaku usaha baru  tumbuh menjamur.


      Jika kita melihat usaha ini, nampaknya usahanya sangat mudah dan banyak menghasilkan uang. Apalagi yang letak rumahnya strategis, agak besar pasti usahanya ramai. Untuk memulai usaha ini nggak semudah yang kita perkirakan, ada saja kendala yang menghalangi sehingga usaha yang kita bangun tak berkembang dan bahkan merugi. Yang penting jangan takut dengan kompetitor asal kita mau membuat tempat cuci motor yang ideal. Misalnya tempatnya bersih, ruang nunggunya nyaman, sediakan meja kursi kalau perlu sediakan televisi dan ada kedai kecil tempat jualan makanan.


          Namun hampir semua usaha pencucian motor menggunakan tenaga pencuci yang produktif, yaitu berkisar umurnya anatara 20 s.d 30 tahun. Sayang sekali mengapa mereka pada usia produktif harus bekerja seperti ini. Mestinya mereka berada di perusahaan atau lembaga yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian, sehingga penambahan jumlah tenaga kerja pasif nggak bertambah. Termasuk juga dengan ojek motor, profesi ini dilakoni oleh orang yang usianya sama dengan pencuci motor. Kalau terus begini kapan ada perubahan perkembangan ekonomi dan manusia Indonesia yang berkualitas?.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar