Senin, 12 Agustus 2013

Makna Lebaran

          Lebaran tentu saja bukan ritual belaka. Bukan pula pesta meriah seusai melakoni puasa Ramadhan sebulan penuh. Lebaran merupakan hari yang dinanti seluruh umat Islam, pada hari itulah umat Islam bersuka cita merayakannya. Nggak salah memang mengenakan pakaian yang serba baru dan segala yang dimiliki ditamnpilkan agar terlihat lebih indah dari biasanya.

          Namun alangkah indahnya jika hati dan amal perbuatan kita yang baru. Hal itu sangatlah penting agar Lebaran yang kita rayakan setiap tahunnya benar benar membentuk pribadi yang semakin bertakwa dan bersahaja. Sudah saatnya ritual lebaran yang kita lakukan selama ini nggak hanya dalam bentuk fisik semata, tetapi juga yang benar benar mengena dalam sanubari.

          Pada hakikatnya Ramadhan telah mengajarkan kita untuk menahan diri dan dapat mengedalikan hawa nafsu. Dengan menahan diri insyaallah perayaan lebaran yang konsumtif dan jor-joran dapat dihindari. Masih banyak saudara kita yang kekurangan dan membutuhkan bantuan dalam menjalani hidup. Kepekaan sosial yang kuat harus terus ditumbuhkan dalam perayaan lebaran, agar hidup kita dapat menjadi lebih bermakna dan tak menyia-nyiakan rezeki dan kesempatan yang diberikan.

        Jika kemampuan menahan diri sudah menjadi gaya hidup setiap muslim dalam menyambut lebaran, bukan nggak mungkin Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan kuat dimasa yang akan datang. Semoga Allah SWT memberikan bangsa Indonesia hikmah dan kekuatan baik lahir maupun bathin dalam menjalani segala macam rintangan,ujian dan tantangan didalam terjalnya bukit dan kerikil  kehidupan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar