Minggu, 04 Agustus 2013

Cross Country

          Meski sebenernya banyak banget untold stories kegiatan Pegawai kantorku yang nggak sempat terdokumentasi akibat rutinitas dan yang sifatnya dadakan. Satu kegiatan yang sempat terdokumentasikan yakni cross-country di Simalem Resort, Danau Toba – Sumatera Utara. Lokasi yang indah, sejuk dan tenang sehingga kegiatan ini merupakan salah satu perjalanan atau pengalaman yang sangat berkesan buat peserta.



          Bukan karena track yang akan kami lewati penuh dengan obstacle yang menantang, namun karena saat itu memang pas momennya, temen temen Pegawai dari 18 Kantor Perwakilan (KPw) pas banyak yang bisa ikutan seluruhnya 72 orang. Banyak beberapa wajah baru peserta, terutama temen2 pegawai dari KPw Indonesia bagian tengah dan timur yang penuh semangat, meski mereka baru pertama kali ikutan cross-country gabungan seluruh Indonesia. Ya, spirit atau semangat wajah-wajah baru ini yang bikin sangat terkesan ikutan trip rute kali ini.



          Hari pertama kumpul pagi pagi sekali seperti biasa untuk melakukan senam pagi di areal resort. Senam pagi bersama yang dipimpim seorang instruktur yang juga memiliki semangat sejalan dengan suasana. Sarapan pagi untuk isi perut, isi suasana hati sambil ngobrol dengan kawan kawan yang sudah lama nggak jumpa. Rasanya seperti reuni sekolah saja, ada yang sudah 20 tahun dan bahkan ada yang sudah 30 tahun bekerja baru ketemu lagi setelah masa pendidikan dulu.



          Satu jam berolah raga pagi dilanjutkan seperempat jam istirahat sambil melepas lelah dan mengambil beberapa foto, kita terusin lagi kegiatan untuk sarapan pagi bersama. Perjalanan menuju tempat sarapan lewat hutan yang keliatan masih perawan, bikin semua peserta terkagum ditambah desiran suara angin dari pepohonan yang menimbulkan bunyi cukup menggoda. Peserta kelihatan gembira karena panoramanya yang indah dan keaslian alam yang belum tersentuh membuat pesona tersendiri. Thank God for giving us beautiful Indonesia.



          Kira kira jam sembilan kami mulai melakukan kegiatan sharing mengenai ESS dan Etika Pelayanan serta Bencana Alam yang dibawakan oleh temen2 dari kantor pusat. Pantia surprise karena peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan, yang berarti segala sesuatu yang disampaikan sangat dibutuhkan dan perlu.  Sedangkan peragaan yang dilakukan oleh peserta dalam berlindung pada saat terjadi gempa sangat menarik karena merupakan hal yang pertama dilakukan mengingat ada dari beberapa KPw yang belum pernah mengalami gempa sama sekali. Well, insyaallah kegiatan seperti ini dapat sering kita lakukan sehingga apabila terjadi disaster kita telah siap dan tidak panik.



          Setelah ishoma, tepat pukul 15.00, peserta mengikuti kegiatan cross country. Tadinya kita semua kepingin tembusin hutan yang ada disekitar lokasi Simalem Resort,  namum karena cuaca hujan gerimis dan angin sangat kencang maka rute dialihkan menuju ke perbukitan yang telah ada track-nya untuk perlintasan. Tapi di tengah perjalananan team leader kami, menyarankan agar kita tembusin jalur gunung ke arah perkebunan jeruk sampai tembus arah lokasi beristirahat dan coffee break aja. Ide ini diamini oleh seluruh rekan yang kala itu memang belum pernah sekali pun cross-country lewat gunung. Namun angin semakin kencang, dikhawatirkan akan membuat jatuh ranting ranting yang bakalan menimpa peserta. Makanya saat itu juga demi kebaikan bersama maka rute diambil yang paling tidak berbahaya, sehingga peserta semuanya dalam keadaan sehat dan segar bugar.



          Malam hari sebelum start ke acara ramah tamah, kami dihadang hujan deras, sampai ketika itu kami terlibat dog-fight menggunakan bus menuju lokasi acara. Ramah tamah berjalan dengan santai dan meriah karena hampir semua perwakilan dari peserta menyumbangkan kreasinya masing masing, ada yang nyanyi ada yang cerita dan ada juga yang coba untuk melawak. Suasana tambah bergairah setelah perwakilan dari kantor pusat mengajak seluruh peserta joget bersama. Sehingga rasa persatuan dan kekompakan peserta terasa sangat akbrab sekali, tidak terlihat kalau mereka datang dari berbagai KPw.



          Minggu pagi harinya cerah dan uadaranya tidajk terlalu dingin karena angin berhembus kecil. Semua gembira semua senang menuju ke Parapat – Danau Toba, didalam bus peserta sangat ceria. Mereka meyaksikan ciptaan Tuhan yang sangat indah, yang sangat mengagumkan sehingga orang menyebut Danau Toba sebagai “pearl” atau perhiasan alam yang ada di Sumatera Utara. Tari Tor tor menyambut peserta di Pulau Samosir. Budaya orang Tapanuli sangat kental terasa mulai dari makanan dan adat yang seluruhnya disajikan dengan amat gamblang. Kain Ulos menghiasi bahu peserta yang dengan senang hati merasakan penghormatan   yang diberikan oleh tetua adat. Sealama kurang lebih satu jam kami berada di Pulau Samosir selama itu pula kami merasakan jadi orang tapanuli yang akrab, penuh rasa persaudaraan dan kompak.



          Tengah hari sehabis makan kami kembali ke Medan. Rasa senang, jumpa kawan lama dihiasi oleh berbagai acara yang menimbulkan rasa persatuan sesama pegawai  sangat memikat hati. Rasanya acara seperti ini harus di jadikan acara rutin tahunan sehingga suasana keakaraban dan saling tukar informasi dapat terlaksana dengan penuh persaudaraan. Tugas kami merupakam ujung tombak dalam pelaksanaan tugas sehari hari, isu sekecil apapun tentang kewaspadaan dan ancaman adalah informasi sangat berguna. Sehingga dalam melakukan pencegahan dan tindakan semuanya tidak terlepas dari apa yang sudah digariskan dalam SISPAMBI. Selamat kembali ke KPw masing masing dan sampai jumpa lagi dalam acara cross country berikutnya dilain tempat dan lain suasana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar