Selasa, 13 Agustus 2013

Ngamen

          Pengamen sudah menjadi makanan sehari-hari yang menemani perjalananku  di bus atau metromini. Namun hari ini dalam perjalanan menuju kwitang karena ada keperluan dinas, aku mendengar seorang pengamen yang berbeda dari biasanya. Bukan karena parasnya, bukan karena suaranya, bukan karena lagu-lagu yang dibawakannya. Tetapi karena dia berhasil mencuri perhatianku dengan celotehnya.


          Pengamen ini membawakan lagu-lagu qasidah dengan menggunakan rebana kecil, selama dia bernyanyi suaranya biasa-biasa aja. Namun setelah selesai bernyanyi, ia menyampaikan ceramah yang kemudian menarik perhatianku untuk mendengarkan apa yang dikatakannya. Dia berbicara sekitar 4 menit yang melewati tiga halte mulai dari Kebun Sirih sampai Tugu Tani. Ia ngoceh mulai dari topik bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia yaitu gunung meletus, banjir bandang, tsunami. Kemudian mengarah pada pembahasan kompor meledak dan ketidakjujuran politikus. Katanya mengenai kompor meledak, "Jangan tanya padaku atau pun rumput yang bergoyang, tapi tanyalah pada SBY. Mengapa memberikan BLT hanya menjelang pemilu, bukan setelah pemilu dimana banyak rakyat yang menderita”.

           Aku-pun tersenyum dalam hati mendengar kata-katanya, terutama pada kata-kata "rumput yang bergoyang", mengingatkanku pada guru SMA yang sering mengucapkan kata-kata itu. Setelah itu ia berbicara mengenai Tuhan. Ia menyinggung kejadian Nabi Nuh dan hendak menekankan mengenai kuasa Tuhan dan janji Tuhan. Kemudian ia menyampaikan bahwa kita harus banyak berdoa karena kita ini manusia yang lemah tapi Tuhan berkuasa. Pada bagian penutupnya, ia meminta dengan menggunakan pemilihan kata yang sopan dan nggak memaksa penumpang untuk memberikan jika uang yang dimiliki penumpang pas-pas-an.

          Aku cukup terkesan dengan pengamen yang satu ini, karena lain daripada yang lain. Belum pernah ku menemukan pengamen yang seusai bernyanyi menyampaikan ceramah seperti dia. Penasaran, kalau seandainya bertemu lagi di bus, apakah isi ceramahnya masih akan sama atau berbeda ya.(Yoelee)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar