Selasa, 13 Agustus 2013

Wedang Ronde

          Selain Mie Jawa, Bakpia, Batik, Keraton, Gunung Merapi, Yogjakarta juga terkenal dengan minuman khasnya yaitu “wedang ronde”. Kata wedang berarti suguhan berupa minuman dalam Bahasa Jawa. Sedangkan Ronde adalah adonan khusus berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan yang didalamnya berisi kacang yang dihaluskan. Bila dikunyah terasa kenyal-kenyal sedikit empuk. Dengan mengkonsumsi Wedang Ronde, sekujur badan, terutama tenggorokan, dada dan perut terasa sangat hangat apalagi kalo diminum saat hujan, terasa banget hangatnya.  


          “Ronde” tak ada kesamaannya dengan ronde seperti dalam olahraga bertinju. Minuman tradisional khas Jogja yang sederhana, namun sedap dan menghangatkan tubuh. Sangat enak disajikan saat cuaca dingin. Minuman ini berisi berbagai rempah-rempah seperti, kolangkaling, kacang tanah yang di sangrai atau di goreng tapi nggak pake minyak goreng, tiga biji ronde kecil, dan sedikit parutan jahe yang dikasih gula, lalu di tuang air mendidih, jangan di minum saat airnya masih panas, tunggu sampai agak dingin, langsung disruput...!. Setelah meminumnya pasti akan punya pengalaman yang baru dan berbeda. 


           Menurutku sih wedang ronde ini bisa disebut minuman, tapi bisa juga disebut makanan. Soalnya isinya padat banget apalagi kuenya yang berasal dari ketan, jadi bikin cepet kenyang. Nah kalau kamu pengin ngirit saat jalan jalan di kota Yogya, beli aja wedang ronde, minuman sekaligus makanan. Ya meskipun nggak kenyang-kenyang banget, tapi paling nggak ngeganjel perut yang lagi lapar. Di Alun alun Utara Jogjakarta banyak mang-mang yang jualan wedang ronde. Jalan-jalan di alun-alun lalu duduk manis sambil nikmatin semangkuk kecil sedang ronde emang asli asyik banget. Meskipun sebenarnya lebih asyik lagi jalan-jalannya malam hari, tapi buat yang lebih suka jalan-jalan sore alias JJS juga nggak masalah. Bedanya kalau sore suasananya masih sepi belum banyak pengunjung. Kalau udah mulai malam, beuuh..banyak banget muda mudi yang datang. So biar nggak terlalu rame, jalan-jalan sore hari bisa jadi alternatif pilihan, ajib banget lah pokoknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar