Minggu, 18 Agustus 2013

Gejrot....!


         
                    Beberapa waktu lalu waktu sedang jalan-jalan dengan teman, sempat nyobain satu jenis jajanan yang lumayan rasanya. Namanya “Tahu Gejrot”. Hohohoho…..kurang familiar namanya. Yups soalnya ini memang bukan makanan khas Kota Jakarta. Jajanan yummy ini asalnya dari Cirebon. Bahan dasarnya tahu goreng, entah tahu Sumedang atau bukan, yang jelas tahu itu dalemnya kopong., dan ringan banget sehingga kalau dimakan kriuk..gurih…kriuk…enak… hmmmmmm.


          Bumbunya cuma bawang putih, bawang merah dan cabe rawit yang boooaaanyaaakkkk. Kedua benda tersebut kemudian digerus kasar dicobek tanah liat kecil. Setelah itu, disiram kuah warna coklat dari botol, yang terbuat dari gula jawa dan sedikit cuka. Atau ada kuah lain dari jenisnya. Yang jelas, encer dan rasanya manis asem. Terus tahu yang udah dipotong kecil-kecil dicempungin kedalem ramuan ajaib didalem cobek tersebut. Yaaiiilaaaaa, jadilah seporsi tahu gejrott. Rasanya? yummyyy ... asem manis dan poedeeeeessss.


                    Bagi yang belum coba harus nyoba, tahu gejot sederhana tapi kesannya nggak kampungan. Pedagangnya biasa keliling kampung-kampung bahkan di Mall sekarang juga sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar