Kamis, 01 Agustus 2013

SMS (Sate Mak Syukur)

            Nusantara ini memang kaya sekali dengan ragam kuliner. Bahkan setiap jenis kuliner juga terdapat perbedaanya pada daerah yang berbeda. Misalnya saja sate, ada sate Madura, ada sate Tegal. Tentu masih banyak jenis sate lainnya. Nah, di daerah Minangkabau satenya berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Sate di Minangkabau memakai kuah yang lezat abis, disebut Sate Padang. Banyak pedagang sate Padang, tetapi aku rekomendasikan “Sate Mak Syukur” di daerah Padang Panjang. Sate ini maknyos banget.....



            Terbukti Jika aku singgah di Padang Panjang, rasanya selalu ingin mencicipi ikon kulinernya Padang Panjang, yaitu Sate Mak Syukur (SMS). Sate yang khas dengan kuah kuningnya yang sedap serta potongan daging gurih yang besar sangat layak dicoba.  Saking terkenalnya Sate ini, jarang sekali  tamu yang berkunjung  atau sekedar melintas di Padang Panjang yang melewatkannya. Bahkan waktu kunjungan kerja kepala negara ke Sumbar Pak SBY pun tergoda hatinya untuk mencicipi sate ini dan fotonya-pun terpampang disana.



            Sate SMS terletak di jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah-Padang Panjang. Mencicipi hidangan ini, lebih sedap ditemani kerupuk kulit plus secangkir teh manis. Kalo sekali waktu sempat ke sms jangan lupa coba kerupuk jangek yang potongannya besar-besar. Dimakan dengan kuahnya, waahh...... rasanya sedap nian. Kerupuk jangek di SMS ini memang beda dengan kerupuk jangek umumnya. Kelebihan SMS ini adalah rasanya yang pas di lidah bukan cuma bagi orang Minang tapi juga tamu dari luar, dan rasa itu tidak pernah berubah dari waktu kewaktu semenjak pengelola dari generasi  pertama sampai generasi sekarang ini. Kalau soal rasa bahasa kerennya Sate Mak Syukur sudah standarized, pengelolaannya well managed dan produknya well packaged. Dan uniknya sate ini nggak mempunyai cabang dimanapun, baik di Jakarta maupun di Padang. Jika ada yang menggunakan nama ”mak syukur” itu adalah sekedar nama bukan yang asli dari Padang Panjang.(sumber : blog tetangga)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar